Tuesday, August 28, 2012

Majelis Pekerja dan Buruh Indonesia (MPBI)

Siaran Pers MPBI,25 Agustus 2012

Majelis Pekerja dan Buruh Indonesia (MPBI)

Siaran Pers
25 Agustus 2012
BURUH BANGKIT MELAWAN KORUPSI

                Indeks Korupsi Indonesia tahun 2011 ada pada rangking ke 100 dari 183 ada dibawah Singapura,Brunai,Malaysia dan Thailand.Korupsi adalah sumber kemiskinan sistemik yang dirancang oleh pemerintah di mana anggaran negara diselewengkan untuk memperkaya diri pribadi atau kelompoknya .

            Pemerintah dan pengusaha khususnya bankir dan konglomerat sering berkonspirasi untuk menjarah uang rakyat yang ada di APBN/APBD ,dimana sering dengan mudahnya pemerintah memberikan suntikan dana dalam bentuk Bail Out bagi bank yang mengalami kebangkrutan.Krisis ekonomi tahun  2008 pemerintah  melakukan konspirasi dengan bankir dengan melakukan bail out pada Bank Century dengan dana segar yang digelontorkan sebesar 6.7 Trilyun .

Dana yang dibutuhkan hanya 632 Milyar saja untuk bank kecil seperti bank century kemudian membengkak menjadi 6.7 Trilyun uniknya dana itu langsung hilang karena dicairkan disaat yang bersamaan ketika proses Bail Out dilaksanakan.

Dengan mudahnya pemerintah memberikan dana hanya untuk segelintir pengusaha tapi saat rakyat membutuhkan dana untuk dijalankanya sistem jaminan sosial khususnya Jaminan Kesehatan bagi seluruh rakyat pemerintah selalu mempersulit Saat pidato kenegaraan 16 Agustus 2012 Presiden membuat peryataan kontravesial dimana seluruh rakyat akan mendapatkan jaminan kesehatan paling lambat 2019 padahal sudah tegas UU BPJS sudah mengamanatkan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat wajib dijalankan mulai 1 Januari 2014 artinya jelas pemerintah kembali akan memiskinkan rakyat secara sistemik..Kasus Bank Century akan jadi pintu masuk bagi kaum buruh yang tergabung dalam MPBI untuk melawan korupsi yang memiskinkan rakyat.

            Karenanya MPBI menyatakan sikap :

1.Mendesak KPK untuk membongkar sampai tuntas Skandal Korupsi yang melibatkan oknum pejabat negara dan pengusaha nakal khususnya Bank Century sampai akhir tahun 2012 dan menagih janji Ketua KPK untuk bekerja secara profesional memberantas korupsi saat insitusi penegak hukumlainnya sudah tidak dipercaya rakyat.

2.Mendesak Presiden agar menjalankan amanat UU BPJS khususnya Jaminan Kesehatan bagi seluruh rakyat pada 1Januari 2014 dengan menyiapkan anggaran di APBN 2013 khususnya untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI ) bagi rakyat miskin dan guru honorer .

3.Akan terus mengawal proses hukum Bank Century sebagai indikator keseriusan dalam pemberantasan Korupsi diIndonesia agar Rakyat bisa bebas dari Kemiskin secara sistemik.
AYO MULAI LAWAN KORUPSI AGAR RAKYAT SEJAHTERA

Presidum MPBI

            Said Iqbal                       Andi Gani                                          Mudofir
                KSPI                              KSPSI                                   KSBSI

Kontak person :
1.Muhamad Rusdi                  081807700570
2.Roni Febrianto                     0818965660  

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.