Wednesday, September 12, 2012

Mogok Nasional Buruh Indonesia 2012

Mogok Nasional Buruh Indonesia 2012

Mogok Nasional (3): Semakin Meluas dan Akan Terus Meluas

Ketika menulis catatan ini, saya baru saja mengikuti aksi solidaritasi ke PHI Serang. Seyogyanya, agenda persidangan kali ini adalah pembacaan putusan. Karena satu dan lain hal, persidangan ditunda hingga Senin depan.

Di PHI, kami dikawal oleh puluhan polisi. Namun bukan pengawalan itu yang menarik, karena sudah lumrah jika dalam setiap aksi buruh dilakukan pengamanan sedemikian ketat. Yang menarik adalah, beberapa 'intel' mencoba untuk mencari tahu kapan mogok nasional akan dilakukan.

Kapan mogok nasional dilakukan, buat saya adalah pertanyaan yang musti kita simpan terlebih dahulu. Saya tidak hendak menjawabnya, sekarang. Selain, memang, saya juga tidak mengetahui secara persis kapan hal itu akan dilakukan.

Semakin sering waktu pelaksanaan mogok nasional ditanyakan, buat saya semakin menjadi yakin jika kabar ini semakin meluas. Angin rupanya membawa kabar ini kemana saja ia bertiup. Oleh karena, penting bagi kita untuk memastikan agar angin yang berhembus tidak salah arah. Sebaliknya, ia akan menjadi puting beliung, yang akan menghacurkan sang angkara murka.

Beberapa hari sebelumnya, seorang pengurus PC FSPMI Kabupaten/Kota Serang, ketika mencatatkan PUK baru di Kabupaten Lebak (oh ya, ini adalah PUK FSPMI pertama yang berhasil masuk di Kab. Lebak) menceritakan saat ini Disnaker sedang siaga 1 terhadap aksi mogok nasional. Cerita ini dia dapat dari Pegawai Disnaker Kabupaten Lebak.

Nah lo, Lebak bukanlah daerah industri. Jika benar informasi itu, bisa jadi, tidak ada satu jengkal pun dari tahan di republik ini yang tidak mendengar akan adanya aksi akbar mogok nasional ini.

Saya kira, adalah sesuatu yang baik jika gerakan ini semakin meluas. Artinya kita telah berhasil di tahap awal: sosialisasi. Jika tidak sedemikian heboh tanggapan yang didapat, bisa jadi ada yang salah dari pola gerakan kita. Dan karena kita selalu konsisten dengan apa yang kita katakan, maka pesannya pun sedemikian jelas: bahwa mogok nasional itu adalah benar adanya.

Oleh karena itu, hilangkan rasa takut untuk melakukan apa yang kita yakini benar. Tantangan akan semakin besar, dan karena kita sudah mempersiapkannya dengan matang, maka semua itu tidak akan mampu menghentikan langkah kita. Aksi KAJS, Tolak Revisi UUK 13/2003, Tolak Kenaikan BBM, Perjuangan UMK 2012, dan Grebek Outsourcing menjadi modal kita.

Rapatkan barisan, para pejuang....


Catatan Ketenagakerjaan: Kahar S. Cahyono
Wakil Ketua Pimpinan Pusat SPAI FSPMI

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.